Cara menghitung material konstruksi baja

Cara menghitung material konstruksi baja

Menghitung Material Konstruksi Baja yang akan di gunakan dalam proyek konstruksi baja perlu adanya perhitungan yang matang untuk menentukan berapa jumlah material untuk bangunan struktur baja, terutama saat menghitung volume material baja yang akan di gunakan, pertama kita harus mengetahui material komponen pokok atau yang di perlukan untuk pembentuk struktur baja tersebut.

Ada beberapa material komponen pokok yang pasti di perlukan dalam pekerjaan struktur baja (di luar pondasi, tie beam/sloof, dan pelat lantai beton bertulang) diantaranya :

  1. Pelat baja biasanya digunakan untuk base plate kolom, pengaku, dan pada sambungan.
  2. Trekstang atau sagrod biasa berupa besi polos dia. 12 mm.
  3. Kolom biasanya menggunakan material baja WF
  4. Balok biasanya menggunakan material baja WF
  5. Gording biasanya menggunakan material baja CNP
  6. Ikatan angin atau bracing biasa berupa besi polos dia. 16 mm.
  7. Jarum keras atau turn buckle.
  8. Finishing baja biasanya menggunakan cat zinchromate dan cat finish.
  9. Baut-baut.
  10. Penutup atap menggunakan atap spandek atau atap metal lainnya.
  11. Talang datar dan rangka besi siku.
  12. Penutup dinding menggunakan cladding atau pasangan bata.

Pada dasarnya setelah mengetahui material utamanya kita hitung vokume nya sesuai skema gambar. Biasanya volume baja dalam satuan kg, maka hitunglah dulu panjang materialnya berapa lalu lihat tabel baja berapa beratnya / m (kg/m). Dari situ kita akan mengetahui volume material baja dalam satuan per/kg.

sumber : http://indoputrajaya.com/cara-menghitung-material-konstruksi-baja/

Categorized: ARTIKEL , cara mendirikan pt , cara pembuatan cv , cara pembuatan pt , cara pendirian pt , cara pengurusan cv , Jasa pembuatan cv , Jasa pembuatan pt , Jasa pendirian perusahaan , jasa pendirian usaha , jasa pengurusan perizinan , jasa perijinan usaha , jasa perizinan usaha , pendirian pt pma , pengurusan izin gangguan , pengurusan izin perusahaan , pengurusan izin pt , pengurusan izin usaha , pengurusan pt , syarat mendirikan pt